Lubang Ajaib di Dunia

Di dunia ini ternyata banyak lubang menganga, umunya adalah bekas areal penambangan yang ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya, setelah isi perutnya seperti emas, intan, batubara dan hasil tambang lainnya dikuras habis. Lubang-lubang menganga itu terkadang ajaib  dan membentuk sebuah fenomena alam yang luar biasa.

1. Kimberley Hole, Afrika Selatan

Lubang besar Kimberley berada di Afrika Selatan dan lubang ini mencapai kedalaman 1.097 meter, garis tengah lubang ini  463 meter. Lubang ini adalah yang terbesar yang pernah digali manusia di atas bumi ini. Dari tahun 1866 hingga 1914 (ditutup pemerintah). Sebanyak 50.000 penambang telah menggali lubang ini dan menghasilkan lebih dari 3 ton berlian. Jumlah tanah yang terbuang oleh penambangan diperkirakan sekitar 22,5 juta ton.

2. Glory Hole, Menticello Dam, California

Lubang ini merupakan spillway terbesar di dunia, digunakan apabila air sudah melebihi kapasitas waduk dan harus dikurangi volumenya. Dengan ukuran ini  memungkinkan untuk mengkonsumsi 14.400 kubik air setiap detik. Lokasi Lubang ini berada di Bendungan Monticello, California, Amerika Serikat.

3. Bingham Canyon Mine, Utah

Lubang ini dibuat manusia untuk pertambangan. Pengerukan dimulai pada tahun 1863 dan masih terus  berlangsung sampai dengan hari ini. Pada saat ini ukuran lubang dengan kedalaman 0,75 mil dan lebar 2,5 mil.

4. Great Blue Hole, Belize

Fenomena geografi yang luar biasa ini dikenal sebagai Blue Hole, terletak 60 mil dibagian daratan Belize. Terdapat banyak Blue Hole di seluruh dunia, tetapi tidak seperti yang menakjubkan ini. Pada permukaan, diameter lubang adalah 0,25 mil, dengan kedalaman mencapai 145 meter. Lubang ini jelas bisa diamati dengan menyelam.

5. Mirny Diamond Mine, Serbia

Banyak orang telah melihat lubang satu ini. Mereka berpendapat bahwa penambangan intan ini hasil perbuatan manusia terburuk yang pernah ada di dunia. Pada Kedalaman 525 meter dan diameter atas 1200 meter, bahkan telah ditetapkan larangan terbang di atas zona lubang, karena beberapa helikopter pernah jatuh ke dalam lubang tersebut.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: